12 April 2007

Makan Coklat, Hipertensi Membaik

Makanan yang mengandung coklat terbukti efektif menurunkan tekanan darah.

Hal ini disimpulkan oleh sekelompok peneliti Jerman yang menganalisis beberapa penelitian tentang manfaat coklat untuk kesehatan.

Dalam analisisnya, mereka mereview penelitian mengenai efek makanan dari coklat, seperti coklat hitam atau susu coklat, terhadap tekanan darah. Dari lima penelitian yang dianalisis, empat diantaranya menunjukkan bahwa coklat dapat menurunkan tekanan sistolik maupun tekanan diastolik. Besarnya penurunan tersebut, rata-rata adalah 4,8 untuk tekanan sistolik dan 2,8 untuk tekanan diastolik.

Para peneliti mengatakan efek penurunan ini hampir sama dengan efek yang didapat jika minum satu jenis obat penurun tekanan darah seperti beta bloker atau ACE Inhibitor.

Saat ini penderita hipertensi disarankan untuk mengkonsumsi lebih banyak sayur dan buah. Keduanya jenis makanan ini mengandung polifenol atau flavonoid, yang dipercaya mempunyai manfaat bagi penderita tekanan darah tinggi dan penyakit kardiovaskuler lainnya.

Coklat dan teh juga mengandung polifenol dengan kadar yang cukup tinggi. Tetapi polifenol yang dikandung coklat berbeda dengan polifenol yang terdapat pada teh. Polifenol coklat ternyata sangat efektif menurunkan tekanan darah, tetapi polifenol teh, termasuk teh hijau, tidak berefek apa-apa terhadap tekanan darah.




___________________________