13 Februari 2013

Tekanan darah tinggi menyebabkan stroke

Apakah penyakit tekanan darah tinggi dapat menyebabkan stroke?



Ya, betul penyakit tekanan darah tinggi dapat menyebabkan stroke.



Penyakit darah tinggi adalah penyakit dimana tekanan dalam pembuluh darah lebih tinggi dari normal. Penyebabnya bermacam-macam, misalnya pola maka yang tidak sehat (konsumsi lemak berlebihan, konsumsi garam berlebihan, dll) atau penyakit tertentu seperti penyakit ginjal, gangguan anak ginjal, gangguan kelenjar tiroid, dan lain sebagainya.



Jika tekanan darah sangat tinggi, misalnya di atas 180/100 mmHg, maka pembuluh darah gampang pecah, termasuk pembuluh darah kecil di otak. Nah, jika ini terjadi, maka sel-sel otak akan kekurangan oksigen dan mati. Matinya sel-sel otak akan menimbulkan gejala-gejala berupa mati sebelah, gangguan bicara, gangguan penglihatan, gangguan pendengaran, atau gangguan-gangguan lain. Jenis gejala yang timbul tergantung pada bagian otak yang terkena stroke.



Untuk mencegah agar penyakit darah tinggi tidak mengakibatkan stroke, maka tekanan darah tinggi harus dijaga tidak terlalu tinggi. Salah satu caranya adalah dengan melakukan kontrol tekanan darah secara teratur (boleh setiap hari), mengatur pola makan, aktifitas fisik, dan mengkonsumsi obat-obatan penurun tekan darah sesuai dengan anjuran dokter.