23 Januari 2008

Serat Mencegah dan Mengatasi Ambien

Ketika buang air besar keras dan susah, apalagi jika diiringi mengedan yang berlebihan, biasanya timbul rasa nyeri pada anus. Nyeri tersebut berasal dari iritasi dan luka pada permukaan anus akibat tinja yang keras yang memaksa keluar.

Pada sebagian orang, apabila keadaan ini sering terjadi, lama kelamaan dapat timbul ambien atau hemorrhoid. Jika sudah demikian, rasa nyeri akan lebih hebat, seringkali disertai peradangan dan pembengkakan, bahkan keluar darah segar menetes. Keadaan ini akan membuat penderitanya sangat tersiksa, terutama saat keinginan buang air besar semakin mendesak atau saat mesti duduk berlama-lama.

Bagi orang yang tidak ingin menderita ambien, maka buang air besar keras dan sulit harus dihindari. Caranya dengan mengkonsumsi makanan berserat. Banyak contoh makanan yang memiliki serat tinggi, antara lain : pepaya, daun ubi, bayam, kangkung, buah-buahan segar (pisang tidak termasuk). Selain itu, konsumsi cairan juga harus dalam jumlah cukup agar tinja lebih lunak.

Konsumsi serat yang tinggi, selain dapat mencegah timbulnya ambien, juga dapat mengurangi serapan kolesterol oleh usus. Hal ini penting, terutama bagi orang yang mengalami kegemukan atau orang yang memiliki kadar kolesterol darah tinggi. Di samping itu, tinja yang lebih cepat keluar akibat adanya serat di dalamnya dapat menghindarkan seseorang terkena penyakit kanker usus besar. Menurut penelitian, tinja yang tersimpan lama di dalam usus besar dapat mengiritiasi sel-sel dinding usus besar sehingga terjadi mutasi menjadi sel kanker.

Bagi orang yang terlanjur mengalami ambien, konsumsi serat juga sangat membantu. Konsumsi serat akan melunakkan tinja, sehingga akan keluar dengan mudah dan tidak atau kurang menimbulkan nyeri. Walaupun kadangkala diperlukan pengobatan dengan anti nyeri atau anti peradangan, faktor serat tidak dapat diabaikan dalam kesuksesan pengobatan ambien. Bahkan, boleh dikata, serat merupakan elemen kunci dalam pengobatan dan pencegahan kambuhnya ambien.

Untungnya, serat bukanlah hal yang mahal. Di sekeliling kita tersedia sumber serat alami yang murah dan terjangkau. Hanya kadangkala kita terbiasa dengan pola makan kita yang tidak sehat dan tidak ingin berepot-repot mencari makanan berserat. Perilaku makan yang tidak sehat sebaiknya diubah jika ingin terus hidup sehat.