28 Januari 2011

Merokok dapat Merusak Tubuh dalam Hitungan Menit

Selama ini mungkin kita beranggapan bahwa asap rokok, baru dapat menimbulkan gangguan kesehatan setelah bertahun-tahun. Tetapi, anggapan ini telah dipatahkan.

Sebuah penelitian menyimpulkan bahwa asap rokok dapat merusak kesehatan dalam hitungan menit, bahkan pada tingkat yang paling dasar yaitu DNA.

Penelitian yang melibatkan 12 sukarelawan tersebut memeriksa suatu senyawa yang ada pada asap rokok, yang dianggap menjadi biang keladi kanker paru-paru.

Senyawa tersebut dikenal dengan nama Polycyclic Aromatic Hydrocarbons (PAH). Dalam penelitian, senyawa PAH dilabel dan diikuti perjalanannya semenjak dihirup hingga dimetabolisme oleh tubuh. Ternyata, di dalam tubuh, PAH akan dirubah menjadi senyawa beracun yang mampu merusak DNA dan menyebabkan mutasi. Hal yang paling mengejutkan adalah, proses kerusakan tersebut terjadi sekitar 15 – 30 menit setelah asap rokok masuk ke dalam tubuh. Sangat cepat dibanding yang diperkirakan.

Sudah sejak lama diketahui bahwa kerusakan DNA dapat menyebabkan sel membelah tidak terkendali dan akhirnya berubah menjadi jaringan kanker.

Bacaan:

  1. http://www.dailymail.co.uk/health/article-1347855/Smoking-damages-body-minutes-years.html?ITO=1490
  2. http://www.businessweek.com/lifestyle/content/healthday/648898.html
  3. http://www.bbc.co.uk/news/health-12193602