29 Januari 2013

Cara Mengobati Cacing Gelang

Bagaimana cara mengobati cacing gelang?

Cacing gelang dapat diobati dengan obat cacing albendazol, mebendazol, atau pirantel pamoat. Obat ini banyak tersedia di apotik atau toko obat. Bagi mereka yang bertempat tinggal di pelosok, obat cacing tersebut dapat diperoleh di puskesmas dan jaringannya.

Selain dengan obat medis, ada juga yang menyarankan pengobatan cacing gelang menggunakan obat tradisional misalnya buah pinang, bawang putih, mengkudu, dan lain-lain. Namun, keefektifan obat-obat tradisional tersebut perlu diteliti lebih lanjut.

Bagaimana cara mencegah agar tidak terkena cacing gelang?

Cara mencegah infeksi cacing gelang antara lain:
1. Cuci tangan dengan sabun sebelum mempersiapkan makanan dan sebelum makan
2. Cuci, kupas, atau rebus buah-buahan atau sayur-sayuran
3. Hindari menyentuh tanah yang terkontaminasi oleh tinja manusia

Apa nama latin cacing gelang?
Nama latin atau nama ilmiah cacing gelang adalah Ascaris lumbrocoides. Penyakitnya disebut dengan Askariasis (Ascariasis).  Bahasa Inggris cacing gelang adalah Giant Roundworm.

Berapa besar cacing gelang?
Cacing gelang betina lebih besar daripada cacing gelang jantan. Ukuran betina sekitar 20-35 cm dengan diameter 3-6 mm. Sedangkan ukuran cacing gelang jantan adalah 15-30 cm dengan diameter 2-4 mm. Seekor cacing betina 200.000 telur sehari. Telur-telur tersebut dikeluarkan bersama tinja dan dapat mencemari air atau tanah.