23 April 2009

Mengikat Ambeien / Wasir dengan Gelang Karet

Dalam dunia medis, penyakit ini disebut hemorrhoid. Sehari-hari kita biasa menyebutnya wasir atau ambeien.

Gejala tersering dari penyakit ini adalah nyeri dan bengkak pada dubur, terutama jika sebelumnya buang air besar keras. Gejala lain yang agak berat adalah keluar darah segar menetes saat buang air besar atau keluar benjolan pada dubur.

Jika sedang kambuh, biasanya diberikan obat pereda nyeri dan antiperadangan, kadang-kadang ditambah antibiotik jika sudah ada infeksi. Sedangkan untuk pencegahan, penderita disarankan untuk banyak makan makanan berserat dan minum air putih agar tinja lebih lunak dan lebih mudah melewati dubur.

Terbagi Empat

Ambeien terbagi ke dalam empat derajat. Derajat pertama adalah ambeien yang benjolannya masih di dalam dubur.  Derajat kedua, ambeien yang benjolannya keluar lewat anus saat buang air besar, tapi kemudian dapat masuk kembali dengan sendirinya. Sedangkan jika masuknya mesti didorong dengan jari maka termasuk derajat tiga. Ambien yang paling berat adalah yang derajat empat. Ambeien jenis ini tidak dapat masuk lagi.

Mengikat Ambeien

Salah satu teknik operasi ambeien yang banyak dilakukan belakangan ini adalah dengan mengikatnya menggunakan gelang karet (rubber band ligation). Teknik operasi ini cukup sederhana. Awalnya dokter memasukkan instrumen yang akan membuka anus sehingga bagian dalamnya dapat terlihat dengan jelas. Kemudian, ujung ambeien dipegang dengan penjepit bedah. Setelah itu, gelang karet dipasang pada bagian pangkal ambien. Gelang ini akan menjepit bagian pangkal tersebut sehingga aliran darah yang masuk ke dalam ambeien akan terhenti. Akibat terhentinya pasokan darah, ambeien akan mati dan pupus dengan sendirinya dalam 2 sampai 5 hari.

Tidak semua ambeien dapat diobati dengan rubber band ligation. Biasanya teknik ini hanya diperuntukkan bagi ambeien derajat dua atau tiga. Itu pun jika cara pengobatan lain mengalami kegagalan.

Beberapa cara lain untuk mengatasi benjolan ambeien adalah dengan skleroterapi, koagulasi inframerah, dan hemorrhoidektomi.