24 Januari 2010

Gejala Infeksi Tuberkulosis (TB) pada Anak dan Dewasa

Tanya:

Apa saja ciri atau gejala infeksi tuberkulosis pada anak dan orang dewasa?

Jawab:

Pada bayi atau anak, infeksi tuberkulosis primer (infeksi pertama kali) biasanya tidak bergejala. Pada foto rontgen dada sekalipun sering tidak ditemukan tanda-tanda infeksi. Pembesaran kelenjar limfe dan batuk mungkin ada, tapi sangat jarang.

Satu-satunya tanda adalah tes tuberkulin positif, dengan syarat bayi atau anak tidak pernah mendapatkan imunisasi BCG sebelumnya.

Infeksi primer umumnya hilang sendiri setelah 6 s/d 10 minggu. Tapi pada beberapa kasus, infeksi tuberkulosis malah menyebar ke bagian paru lainnya atau ke organ tubuh lainnya, menimbulkan gejala seperti demam, kehilangan berat badan, lelah, hilang nafsu makan, dan batuk.

Pada anak remaja atau dewasa, tuberkulosis biasanya berasal dari aktifnya kembali kuman yang 'tidur' (dorman) setelah infeksi primer. Oleh karena itu, infeksi pada remaja atau dewasa disebut juga infeksi sekunder. Gejalanya antara lain demam berkepanjangan, disertai keluar keringat di malam hari, mudah lelah, turun berat badan, batuk berdahak, kadang-kadang dahak bercampur darah.