10 Januari 2010

Kadar Kolesterol LDL, HDL, dan Kolesterol Total

Saya baru saja memeriksakan kadar kolesterol saya. Di hasil lab tertera nilai kolesterol LDL, HDL, dan kolesterol total. Apa yang dimaksud dengan istilah tersebut?



Kolesterol LDL disebut juga kolesterol jahat, karena jika kadarnya meningkat dalam darah maka risiko terkena penyakit jantung koroner juga ikut meningkat. Kolesterol LDL dapat menumpuk dalam dinding sel pembuluh darah arteri membentuk plak yang tebal dan keras. Lama kelamaan, plak kolesterol tersebut akan menyebabkan penyempitan pembuluh darah. Proses ini disebut aterosklerosis.

Kolesterol HDL disebut juga kolesterol baik, karena kolesterol ini mencegah terjadinya aterosklerosis dengan cara mengekstrasi kolesterol yang menumpuk di dinding pembuluh darah arteri dan menyimpannya di hati.

Kadar kolesterol LDL yang tinggi dan kadar HDL yang rendah merupakan faktor risiko aterosklerosis, sedangkan kadar HDL yang tinggi dan LDL yang rendah adalah yang diharapkan.

Kolesterol total adalah jumlah kolesterol LDL (low density), HDL (high density), VLDL (very low density), dan IDL (intermediate density).