31 Agustus 2013

Jenis-Jenis Stroke

Stroke adalah keadaan dimana sel otak mati karena pasokan oksigen kurang atau terhenti. Gangguan tersebut bisa disebabkan oleh "penyumbatan" pembuluh darah atau "pecahnya" pembuluh darah otak.
Dilihat dari proses terjadinya, jenis stroke dibagi dua, yaitu stroke iskemik dan stroke hemoragik.

Stroke iskemik terjadi akibat tersumbatnya pembuluh darah otak oleh bekuan darah. Bekuan ini bisa terbentuk di bagian mana saja di seluruh tubuh, kemudian hanyut mengikuti aliran darah hingga mencapai pembuluh darah otak.

Stroke hemoragik terjadi akibat pecahnya pembuluh darah otak sehingga aliran darah terganggu atau terhenti. Penyakit yang paling sering menyebabkan pembuluh darah otak pecah adalah hipertensi atau darah tinggi.

Gejala yang ditimbulkan stroke tergantung pada bagian otak yang terkena dan seberapa luas kematian sel otak yang timbul. Stroke kecil hanya menyebabkan gejala ringan, misalnya lemah atau kebas pada lengan atau kaki. Sedangkan stroke besar dapat menyebabkan kelumpuhan bahkan kematian. Bagian tubuh yang terkena biasanya hanya sebelah. Selain lumpuh, penderita dapat mengalami kesulitan berbicara, gangguan penglihatan, gangguan berpikir, gangguan berkemih, dan lain sebagainya.