20 September 2006

Preeklampsia

Preeklampsia adalah penyakit yang mengenai wanita hamil dimana minimal ditemukan dua gejala dari tiga gejala preeklampsia, yaitu hipertensi, edema, dan proteinuri; yang terjadi sejak kehamilan minggu ke 20 hingga 2 hari setelah melahirkan.

Hipertensi yang dimaksud adalah peningkatan tekanan diastolik di atas 90 mmHg atau tekanan sistolik di atas 140 mmHg atau kenaikan tekanan diastolik sedikitnya 15 mmHg atau sistolik 30 mmHg dari tekanan darah normal. Tekanan darah ini dijumpai pada pada sedikitnya dua kali pengukuran dengan jarak pengukuran 6 jam atau lebih.

Edema ialah berkumpulnya cairan dalam jumlah berlebihan di seluruh tubuh, yang dapat dilihat dengan pembengkakan pada tungkai atas maupun bawah serta wajah. Positif 1, jika pembengkakan ditemukan di daerah punggung kaki dan bagian depan betis. Positif 2, jika terjadi pembengkakan seluruh tungkai bawah. Positif 3, jika pembengkakan juga ditemukan di daerah muka dan tangan, dinding perut bagian bawah, dan bokong. Positif 4, jika telah terjadi pembengkakan di seluruh tubuh.

Proteinuri adalah ditemukannya protein di dalam air kemih, yang melebihi 0,3 gr/liter dalam 24 jam. Air kemih yang diperiksa diperoleh dengan prosedur yang dijaga kebersihannya, merupakan air kemih pertengahan, atau diperoleh melalui kateterisasi.