02 Oktober 2008

Google Health

Google Health merupakan layanan online tanpa bayar dimana pengguna dapat menyimpan dan mengatur rekam mediknya di satu tempat (server Google). Keuntungannya, rekam medik lebih mudah diakses dan  tidak akan tercecer atau hilang seperti halnya rekam medik konvensional.

Layanan ini pertama kali diluncurkan pada 20 Mei 2008 dan diujicobakan pada 1600 pasien Claveland Clinic. Walaupun demikian, saat ini, layanan Google Health masih dalam versi Beta.

Pendaftaran layanan Google Health sangat mudah. Seperti halnya dengan layanan Google lainnya, kita dapat menggunakan username dan password akun Google kita. Saat masuk pertama kali kita akan diminta persetujuan terhadap 'term and condition'. Jika setuju, maka kita akan diarahkan ke halaman dimana kita dapat mengatur informasi kesehatan kita.

Dari segi keamanan, Google menjamin data yang kita simpan tidak akan dijual atau diakses pihak lain yang tidak diinginkan.

Dengan Google Health kita dapat :

  1. Membuat profil kesehatan online
    Pengguna dapat menuliskan keadaan kesehatan, pengobatan, riwayat alergi, dan hasil lab pada profil Google Health. Selain itu, Pengguna dapat menamai profil tersebut sesuai dengan keinginannya. Bahkan, dapat membuat beberapa profil lain bagi anggota keluarga.
  2. Mengimpor rekam medik dari rumah sakit dan apotik
    Salinan rekam medik atau resep kita yang ada di rumah sakit atau apotik tertentu yang bekerjasama dengan Google dapat diimpor ke dalam Google Health. Dengan cara ini, Pengguna dapat menyimpan riwayat medis, pengobatan, dan hasil pemeriksaan, semuanya pada satu tempat.
  3. Mencari dokter atau rumah sakit
    Pengguna dapat mencari nama atau tempat praktek dokter, menemukan website dokter, atau mencari petunjuk arah tempat praktek dokter, dan menyimpan informasi dokter pada daftar kontak kita.

Sayangnya, untuk kita di Indonesia, belum ada rumah sakit atau apotik yang menjadi partner kerjasama Google Health. Kita harapkan rumah sakit atau apotik, terutama yang telah menerapkan rekam medik elektronik, suatu saat dapat bekerja sama dengan layanan ini.

Sumber : Google Health.