23 Oktober 2008

Radang Kulit Akibat Ponsel

Dalam beberapa dekade terakhir, banyak penyakit yang disebabkan oleh gaya hidup. Salah satunya adalah mobile phone dermatitis (radang kulit akibat ponsel).

Asosiasi penyakit kulit di Inggris baru-baru ini melaporkan bahwa pemakaian ponsel dapat menyebabkan radang kulit di daerah telinga dan pipi, tempat ponsel tersebut ditempelkan ketika pengguna berkomunikasi.

Mereka mensinyalir bahwa salah satu komponen pada casing ponsel, yaitu nikel, yang menjadi biang keladinya. Logam ini, pada orang yang sensitif, dapat memicu timbulnya reaksi alergi. Akibatnya, timbul bintik-bintik merah disertai gatal di daerah telinga dan pipi.

Mobile phone dermatitis ternyata tidak hanya mengenai orang yang doyan ngobrol via telepon, tetapi juga bagi mereka yang suka berkomunikasi lewat SMS. Logam nikel pada tombol keypad ponsel ternyata dapat mengundang reaksi alergi pada jari-jari penggunanya.

Mungkin ada diantara kita yang protes. "Kan tidak semua casing ponsel mengandung nikel?!". Benar. Menurut para peneliti di Browns University, Rhode Island, 'hanya' 10 dari 22 ponsel yang diteliti mengandung logam nikel.