12 November 2008

Pentingnya Sarapan dengan Kalori Cukup

Banyak orang menganggap bahwa sarapan pagi sangat penting, terutama untuk memenuhi kebutuhan kalori saat beraktifitas di siang hari. Sekelompok lainnya bahkan mengklaim, bahwa dengan sarapan pagi, menu makan siang akan berkurang, sehingga secara tidak langsung sarapan pagi mengurangi asupan kalori harian. Hasilnya, orang yang doyan sarapan pagi lebih kurus. Tapi benarkan demikian?

Suatu penelitian terbaru ternyata membuktikan kebenaran sebagian dari anggapan di atas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang yang sarapan pagi mempunyai asupan kalori harian yang lebih rendah dibanding orang yang tidak sarapan, dan wanita yang sarapan mempunyai indeks massa tubuh yang lebih rendah (artinya lebih kurus) dibandingkan wanita yang tidak sarapan.

Tetapi penelitian juga menunjukkan bahwa jika jumlah kalori dari menu sarapan tinggi, maka kalori dan lemak harian secara keseluruhan juga tinggi dan asupan vitamin dan mineral turun. Juga, berbeda halnya dengan kaum wanita, tidak ada perbedaan indeks massa tubuh pada pria yang sarapan dengan yang tidak.

Jadi, sarapan memang sangat penting. Tapi harus diingat, bahwa sarapan yang sehat adalah yang mempunyai kandungan kalori cukup, tidak berlebihan.

Penelitian ini dilakukan dalam kurun waktu 1999 sampai dengan 2004 dan melibatkan 12 300 orang dewasa. Salah satu anggota peneliti adalah Ashima Kant, PhD, professor dari Queens College of the City University of New York.

Sumber : Kant, A. The American Journal of Clinical Nutrition, November 2008; vol 88: pp 1396-1404.