10 Februari 2009

Bagaimana sinar UV membunuh kuman?

Dalam proses pengolahan makanan dan minuman modern, sterilisasi dengan sinar ultraviolet (UV) lazim digunakan. Tentunya ini menjadi pertanyaan bagi kita yang kerap melakukan perebusan makanan atau minuman sampai mendidih untuk membunuh kuman. Efektifkah penggunaan sinar ultraviolet dalam membasmi kuman?

Sinar ultraviolet merupakan sinar yang mempunyai panjang gelombang yang lebih pendek dibanding sinar tampak. Oleh karena itu, sinar UV tidak terlihat dengan mata telanjang.

Salah satu keunggulan sinar UV adalah kemampuannya untuk merusak DNA sel, baik sel bakteri, virus, jamur, bahkan sel mamalia, termasuk manusia. Kerusakan DNA akan memicu kematian sel. Hal ini bisa terjadi karena hampir semua aktifitas sel dikendalikan dari DNA.

Kemampuan UV untuk membunuh kuman sebanding dengan banyaknya sinar dan lamanya penyinaran. Jika penyinaran tidak adekuat, maka bisa saja sel tidak mati, hanya mengalami mutasi.

Jadi, dengan penyinaran yang cukup, kuman baik virus, bakteri, maupun jamur yang ada dalam makanan atau minuman akan mati.