24 Maret 2010

Kencing Keluar Darah

dok, saya bekerja di kapal pesiar dan setelah sekitar 1bln ketika
kencing saya merasa agak sakit dan air kencing berwarna coklat dan ini
berlangsug sekitar 3hr. kemudian ketika saya kencing, di akhir kencing
ada darah yg bercampur air kencing tapi hanya sedikit. dan setiap
2minggu di akhir kencing saya bercampur darah dan ini berlangsung
setiap sekitar 2 mnggu sekali sampai beberapa bulan dan saya tidak
merasakan sakit apa2.1bln sebelum saya pulang saya periksa ke dokter
dan katanya air kencing saya kotor kemudian saya di beri obat dan di
sarankan minum air yang banyak. kemudian saya minum air mineral terus
tapi habis itu selang 2minggu air kencing saya masih bercampur darah.
tapi sudah sekitar 1bulan lebih air kencing saya normal sampai
sekarang. apakah ini di sebabkan karena saya tidak pernah minum air
mineral? karena di kapal pesiar pakai air laut yang di ubah jadi air
tawar........tolong responnya dok?

SK

Jawab:

Tampaknya kencing darah yang rekan SK alami bukan karena konsumsi air
hasil destilasi air laut. Pertama, air tersebut biasanya sudah
memenuhi syarat kesehatan. Kedua, sendainya karena air tersebut pun,
maka darah akan keluar sepanjang kencing, bukan hanya pada akhir
kencing.

Jika melihat dari gejala yang rekan SK alami, sepertinya ada gangguan
di kandung kencing (bladder, vesica urinaria). Gangguan tersebut bisa
berupa batu kandung kencing, infeksi kandung kencing, atau lainnya.

Kami sarankan, jika gejala darah dalam air kencing masih berulang,
silakan periksakan diri ke ahli urologi untuk pemeriksaan lebih
teliti.

Untuk pencegahan, tetap banyak minum air putih dan jangan sering
menahan kencing terlalu lama.

Demikian, semoga membantu. Salam.