07 April 2011

Diabetes Tipe 1

Diabetes adalah penyakit kronis yang sampai saat ini belum ditemukan obat untuk menyembuhkannya. Obat-obat yang ada hanya untuk mengendalikan penyakit ini.

Diabetes terdiri dari dua tipe, yaitu tipe 1 dan 2. Diabetes tipe satu sering disebut diabetes juvenile atau diabetes tergantung insulin. Pada diabetes tipe ini, sel pankreas hanya sedikit atau tidak menghasilkan insulin sama sekali.

Tanpa insulin, gula (glukosa) akan menumpuk di aliran darah dan tidak dapat memasuki sel. Akibatnya, tubuh tidak dapat menggunakan glukosa tersebut sebagai sumber energi walaupun pada kenyataannya kadarnya tinggi di dalam darah. Itulah sebabnya mengapa penderita diabetes selalu merasa lapar. Selain itu, tingginya kadar glukosa dalam darah akan membuat seseorang sering kencing dan merasa haus.

Diabetes tipe 1 dapat terjadi pada usia berapa pun, termasuk anak kecil. Walaupun demikian, umumnya baru diketahui pada usia setelah 20 tahun.

Penyebab pasti diabetes tipe 1 tidak diketahui. Diduga karena adanya gangguan genetik, infeksi virus, atau masalah autoimmun.