02 Agustus 2008

Kalsium, Mineral Penting bagi Tubuh

Saat ini tersedia banyak produk yang 'diiklankan' mampu memenuhi kebutuhan kalsium harian. Mulai dari susu yang diperkaya dengan kalsium, tablet kalsium rasa buah-buahan, sampai minuman penyegar berkalsium.

Sebenarnya, apa sih manfaat kalsium bagi tubuh?

Kalsium, merupakan salah satu mineral yang memegang peran penting pada berbagai proses yang terjadi dalam tubuh. Mineral ini berguna untuk membentuk serta mempertahankan tulang dan gigi agar tetap sehat, mencegah osteoporosis, membantu proses pembekuan darah dan penyembuhan luka, menghantarkan sinyal ke dalam sel-sel saraf, mengatur kontraksi otot, membantu transport ion melalui membran, serta sebagai komponen penting dalam produksi hormon dan enzim.

Kebutuhan kalsium berbeda untuk setiap umur. Perbedaan tersebut terlihat dari daftar berikut :

  1. Bayi 300 – 400 mg
  2. Anak-anak 500 mg
  3. Remaja 600 – 700 mg
  4. Dewasa 500 – 800 mg
  5. Ibu hamil dan menyusui 900 – 1200 mg

Kurangnya konsumsi kalsium dapat menyebabkan gangguan pertumbuhan, tulang rapuh, dan kejang otot.  Selain itu, mudah terjadi infeksi saluran kemih. Rendahnya kadar kalsium juga mempengaruhi penyerapan mineral lain seperti Fe, Zn, dan Mg.

Sumber kalsium terbaik adalah dari makanan sehari-hari. Bahan makanan seperti sayur-sayuran hijau (misalnya, bayam, daun ubi, brokoli, sawi), ikan teri, udang kering, tahu, kacang-kacangan, ikan salmon, ikan sarden, susu dan hasil olahannya, merupakan contoh makanan yang kaya kalsium.

Jika asupan makanan kita sehari-hari kurang kalsium, sebagai alternatif terakhir adalah mencukupi kebutuhan tersebut dari suplemen kalsium. Tapi ingat, jangan berlebihan. Karena, konsumsi kalsium yang terlalu tinggi (lebih 2500 mg/hari) dapat menyebabkan batu ginjal dan susah buang air besar (konstipasi).

Bacaan :

  1. Diet and Nutrition.
  2. Tulang dan Kalsium.