31 Oktober 2009

Tanda-tanda Hernia

Tanya:
Apa saja tanda-tanda hernia?

Jawab:
Hernia adalah penonjolan keluar organ tubuh akibat kelemahan dinding yang menyelubungi organ tersebut. Hernia sangat banyak jenisnya, tetapi yang paling sering dijumpai adalah penonjolan usus akibat lemahnya dinding perut. Menurut letaknya penonjolan usus ini setidaknya dibagi menjadi hernia inguinalis, hernia scrotalis, dan hernia umbilicalis.

Hernia inguinalis adalah penonjolan usus di pangkal paha. Terjadi akibat lemahnya gangguan kanalis inguinalis. Jika usus menonjol ke dalam kantung buah pelir (scrotum) maka disebut hernia scrotalis. Tentunya jenis hernia ini hanya terdapat pada laki-laki. Sedangkan hernia umbilicalis sering terjadi pada bayi, dimana usus menonjol di daerah tali pusat.

Tanda-tanda hernia adalah:

  • Teraba benjolan, lokasi tergantung jenis misalnya hernia inguinalis di pangkal paha, dapat mengecil atau didorong masuk, dapat juga besarnya tidak berubah.
  • Mungkin ada nyeri mungkin juga tidak
  • Benjolan membesar saat berdiri atau saat tekanan dalam perut meningkat misalnya ketika batuk atau mengedan.
  • Jika hernia terpuntir, akan tumbul gejala penyumbatan usus seperti mual muntah. Selain itu hernia terasa nyeri. Keadaan ini merupakan kedaruratan medik yang harus mendapat pengobatan segera.