18 Desember 2009

Sinusitis

Setiap kita mempunyai 4 pasang rongga di wajah yang semuanya bermuara ke rongga hidung. Satu pasang di daerah dahi (sinus frontalis), satu pasang di pipi (sinus maksilaris), satu pasang di antara bola mata (sinus etmoidalis), dan sepasang lagi di belakang mata (sinus sphenoidalis). Rongga berisi udara tersebut mempunyai fungsi antara lain menyekat tengkorak, mengurangi berat tengkorak, dan merosonansi suara yang kita keluarkan.

Kadang-kadang sinus tersebut diinvasi kuman, baik bakteri maupun virus. Akibatnya timbul gangguan yang disebut sinusitis. Selain kuman, jamur dan bahan alergen (bahan penyebab alergi) juga dapat menjadi biang timbulnya sinusitis.

Gejala-gejala sinusitis antara lain adalah sakit kepala, nyeri pada wajah, dan demam. Selain itu, penderita juga mengeluh keluar ingus, hidung tersumbat, radang tenggorokan, serta batuk. Biasanya, sakit kepala semakin bertambah jika penderita condong ke depan, misalnya saat sujud, dll. Pada sinusitis pipi, dapat timbul nyeri tekan di daerah pipi. Demikian pula dengan sinusitis dahi, ketika di tekan atau diketok-ketok, dahi terasa nyeri.

Pengobatan sinusitis ditujukan pada dua hal, terhadap gejala yang timbul dan terhadap penyebabnya. Jika ada demam, maka diberi antidemam (parasetamol, ibuprofen, dll). Selain itu, untuk memperlancar drainase cairan yang menumpuk dalam sinus, dapat diberi dekongestan (pseudoefedrin) dan mukolitik (guaifenesin).

Jika penyebab sinusitis adalah virus, selain obat yang meredakan gejala, penderita juga dianjurkan istirahat dan makan-makanan yang bergizi untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Sinusitis akibat bakteri umumnya memberikan gejala berupa ingus warna kuning kehijauan dan tidak membaik dalam satu minggu walaupun sudah diberi obat pereda gejala. Untuk mengatasinya, dapat diberikan antibiotik. Pemberian antibiotik biasanya berlangsung selama 10 – 14 hari.

Sinusitis akibat jamur di atasi dengan obat-obat antijamur dan sinusitis alergi diberikan obat-obat yang menekan reaksi alergi, misalnya antihistamin.