06 Januari 2012

Apakah kencing manis (diabetes) penyakit keturunan?

Kencing manis atau diabetes adalah penyakit yang ditandai oleh tingginya kadar gula dalam darah, juga di dalam air kencing. Penyebabnya, tidak adanya atau rusaknya hormon insulin.

Tingginya kadar gula yang berlangsung lama akan memicu berbagai komplikasi, seperti kebutaan, luka yang tak kunjung sembuh, gangguan ginjal, dan lain-lain.

Bukan turunan

Kencing manis bukanlah penyakit keturunan seperti halnya buta warna, hemofilia, talasemia, dll. Pada buta warna misalnya, gen buta warna hampir pasti diturunkan ke anak-anaknya. Sedangkan anak yang orang tuanya normal tidak akan mempunyai gen buta warna.

Nah, pada kencing manis, penyakit ini dapat menyerang siapa saja, baik mereka yang orang tuanya normal maupun yang orang tuanya menderita kencing manis. Hanya saja, orang yang memiliki orang tua yang kencing manis, mempunyai kemungkinan lebih besar terkena dibandingkan mereka yang orang tuanya normal. Inilah yang disebut faktor risiko.

Bagi orang yang memiliki faktor risiko dari orang tua, harus lebih waspada. Agar terhindar dari diabetes, orang tersebut harus mengelola faktor risiko lainnya, seperti menjaga berat badan agar tidak berlebih, mengatur pola makan, dan rajin berolah raga.

Selain itu, salah satu yang paling penting adalah rajin melakukan check up tahunan, terutama kondisi gula darah.

Demikian, semoga bermanfaat --yS--