31 Januari 2012

Bagaimana Hipertensi dapat Menyebabkan Stroke

Seringkali kejadian, seseorang terkena serangan stroke, padahal sebelumnya tidak memperlihatkan gejala penyakit berarti, hanya kadang-kadang sakit kepala dan nyeri tengkuk.

Kejadian seperti ini acapkali membuat penderita atau keluarganya tak percaya. Penderita hanya mengalami sedikit gejala tekanan darah tinggi, tapi koq bisa terkena stroke yang memberikan gejala sangat parah, tubuh lumpuh sebelah dan muka mencong.

Sebenarnya, apa hubungan tekanan darah tinggi dengan stroke? Untuk jelasnya, silakan simak tulisan berikut.

Hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi, adalah naiknya tekanan darah di atas normal, yaitu di atas 140/90 mmHg. Gejalanya biasanya berupa sakit kepala, nyeri tengkuk, mudah marah, dan lain-lain.

Tekanan darah setiap saat berfluktuasi. Kadang-kadang agak turun, kadang-kadang meninggi, terutama jika konsumsi garam berlebihan.

Semakin tinggi tekanan darah, semakin besar tekanan yang diderita oleh dinding pembuluh darah. Jika tekanan sedemikian tingginya, misalnya di atas 200/140 mmHg, maka pembuluh darah dapat pecah, terutama pembuluh darah kecil yang berdinding lebih tipis.

Stroke

Stroke adalah kondisi dimana pasokan darah ke jaringan otak terhenti. Penyebab utamanya ada dua, yaitu akibat sumbatan pembuluh darah (stroke iskemik) atau pecahnya pembuluh darah (stroke hemoragik).

Akibat terhentinya pasokan darah, maka beberapa saat kemudian jaringan otak mengalami kerusakan dan kematian. Gejala yang tampak pada penderita antara lain tubuh mati sebelah, susah bicara, bingung, tidak dapat melihat, susah berdiri atau berjalan, atau sakit kepala hebat. Gejala-gejala ini biasanya terjadi secara tiba-tiba.

Hubungan hipertensi dan stroke

Tekanan darah yang tinggi pada hipertensi akan memicu pecahnya pembuluh darah otak. Pada gilirannya, jaringan otak akan rusak dan timbul gejala-gejala stroke. Stroke akibat hipertensi termasuk ke dalam stroke hemoragik, atau stroke perdarahan.

Perlu diingat, bahwa hipertensi hanyalah salah satu penyebab stroke, diantara berbagai macam penyebab stroke lainnya.