16 April 2013

Apakah malaria bisa disembuhkan?

Apakah penyakit malaria bisa disembuhkan?

Ya, malaria insyaAllah dapat disembuhkan, asalkan cepat diobati dan dengan obat yang tepat.

Obat malaria terbaru adalah dari golongan artemisinin. Obat ini merupakan ekstrak tumbuhan Artemesia annua L yang telah digunakan oleh para tabib Cina selama ribuan tahun untuk mengobati demam. Dalam bahasa Cina, tumbuhan Artemesia disebut Qinghao.

Turunan artemisinin tersedia dalam bentuk obat minum yaitu artemisinin, artesunate, artemether dan dehydroartemisinin. Juga tersedia dalam bentuk suntikan yaitu artemether i.m, artheether i.m, artesunate i.v. Jenis artemisinin, artesunate, dan dehydroartemisinin juga tersedia dalam bentuk supposutoria (dimasukkan ke dalam saluran pembuangan).

Saat ini, artemisinin sebagian besar diberikan dalam bentuk kombinasi dengan obat malaria lain seperti kloroquin, mefloquin, amodiaquin, sulfadoksin pirimetamin, dan lain-lain. Sediaan semacam ini disebut sebagai Artemisinin-base Combination Therapy (ACT).

Artemisinin sangat efektif membunuh parasit malaria jenis Plasmoidum falciparum dan Plasmodium vivax. Setelah pemberian, biasanya terjadi penurunan jumlah parasit di dalam darah dan perbaikan gejala yang dialami penderita secara cepat.

ACT hanya dapat diperoleh di fasilitas kesehatan seperti puskesmas atau rumah sakit, belum dijual bebas di apotik-apotik. Oleh karena itu, jika Anda didiagnosis malaria silakan segera menghubungi fasilitas kesehatan terdekat.

Semoga bermanfaat ...