28 Desember 2010

Bahaya Laser Hijau

Jika anda turut menyaksikan pertandingan Timnas Indonesia lawan Malaysia hari Minggu yang lalu (26/12), pasti Anda melihat bagaimana supporter Malaysia menggunakan laser hijau untuk membuyarkan konsentrasi pemain kita.

Laser hijau berbeda dengan laser merah yang sering kita gunakan untuk presentasi. Laser hijau mempunyai panjang gelombang yang lebih pendek yaitu 532 nm, sedangkan laser merah 650 nm. Oleh karena itu, laser hijau lebih kuat, lebih terang, dan lebih jauh jangkauannya; sekitar 30 sampai 50 meter. Laser hijau yang diijinkan digunakan untuk kalangan umum adalah kelas II (<1 mW) atau IIIa (< 5 mW).

Dari segi kesehatan, laser hijau terbukti dapat menyebabkan gangguan kesehatan, terutama pada organ mata. Beberapa literatur menyebutkan bahwa laser hijau kelas IIIa dapat merusak retina mata, terutama jika disorotkan pada jarak kurang dari 3 meter. Selain itu, tulisan di jurnal Archives of Ophthalmology menyebutkan bahwa laser hijau kelas IIIa yang disorotkan di mata selama 60 detik dapat menimbulkan gangguan penglihatan.

Bacaan:

  • http://www.wisegeek.com/what-is-a-green-laser.htm
  • http://www.mediaindonesia.com/read/2010/12/28/191130/92/14/Sinar-Laser-Hijau-lebih-Berbahaya
  • http://www.rtpnet.org/~rac/lasers.htm
  • http://news.healingwell.com/index.php?p=news1&id=525625