28 Mei 2011

Amankah minuman berenergi?

Saat ini, konsumsi minuman berenergi di masyarakat cukup tinggi. Selain karena iklan yang jor-joran, juga karena mudah dibeli di warung-warung, harganya relatif murah, dan keyakinan akan khasiatnya. Minuman berenergi dipercaya mampu membuat tubuh lebih segar serta bugar.

Pada umumnya, minuman berenergi mengandung kafein dan gula. Kedua bahan inilah yang menjadi ‘rahasia’ peningkatan energi tubuh. Sayangnya, rasa segar bugar akibat kafein dan gula hanya berlangsung sementara.

Jika konsumsi minuman berenergi sekali-kali saja atau sesuai takaran, biasanya tidak akan terjadi efek apa-apa terhadap tubuh. Lain halnya jika berlebihan. Tubuh dapat mengalami gangguan berupa kegemukan akibat konsumsi gula yang tinggi. Selain itu, kelebihan kafein dapat menimbulkan kecemasan, susah tidur, meningkatnya denyut jantung, naiknya tekanan darah, sering kencing, dan gampang tersinggung.

Oleh karena itu, jika ingin mendapatkan tubuh yang segar bugar, sebaiknya tidak hanya mengandalkan minuman berenergi. Tidur yang cukup, makanan yang bergizi, olahraga yang teratur, serta pikiran yang tenang, adalah cara sehat untuk menyagarbugarkan tubuh.