09 November 2010

Diabetes, Mengganti Gula Dengan Madu

Mungkin ada pendapat mengatakan bahwa penderita diabetes sebaiknya mengganti konsumsi gula dengan madu, dengan harapan madu tidak menaikkan gula darah. Tapi benarkah demikian?

Sebenarnya, madu bukanlah sesuatu yang betul-betul berbeda dari gula. Madu hanyalah bentuk gula yang lebih murni. Di dalam madu juga terkandung karbohidrat dan kalori, yang kadarnya bahkan lebih tinggi dari gula.

Oleh karena itu, glicemic index madu juga tinggi. Glicemic index adalah nilai yang menunjukkan pengaruh bahan makanan dalam menaikkan kadar gula darah.

Konsumsi madu, seperti halnya gula bukannya tidak boleh sama sekali. Boleh, tapi harus secukupnya. Untuk mengetahui berapa yang ‘secukupnya’, perlu dihitung kebutuhan kalori dengan mempertimbangkan berat badan dan kadar gula darah. Untuk itu silakan berkonsultasi dengan ahli diabetes atau ahli gizi. Atau kalau mau repot sedikit, bisa dipelajari sendiri dari berbagai referensi.

Penting untuk diingat bahwa keberhasilan penanganan diabetes adalah pada kontrol gula darah. Kontrol gula darah sangat tergantung pada pengaturan pola makan. Kedisiplinan pengaturan pola makan mungkin dipengaruhi tingkat pengetahuan seseorang tentang diabetes, so jika Anda diabetes, sebaiknya membaca berbagai catatan mengenai diabetes.