12 Agustus 2012

Arti SGOT / SGPT tinggi

Dok, beberapa hari lalu saya melakukan pemeriksaan lab. Dua diantara hasil tersebut adalah nilai SGOT = 53 dan nilai SGPT=79? Maknanya apa ya Dok hasil pemeriksaan tersebut?

SGOT (Serum Glutamic Oxaloacetic Transaminase) adalah enzim yang terdapat di dalam sel hati. Fungsinya adalah mengkonversi senyawa aspartat dan alfaketoglutarat menjadi oksaloasetat dan glutamat, dan sebaliknya. SGOT disebut juga dengan AST atau aspartate aminotransferase.

SGPT (Serum Glutamic Pyruvate Transaminase) juga merupakan enzim yang terdapat di dalam sel hati. Fungsinya untuk membantu pemindahan gugus amino dari alanin ke alfaketoglutarat. Nama lain SGPT adalah ALT atau alanine aminotransferase.

Jika sel hati normal, maka SGOT dan SGPT tetap berada di dalam sel. Tidak ada atau hanya sedikit yang keluar dari sel dan masuk ke pembuluh darah.

SGOT / SGPT tinggi

Lain halnya jika sel hati rusak dan dindingnya pecah, SGOT dan SGPT akan keluar sel dan masuk ke aliran darah. Akibatnya, kadar SGOT dan SGPT yang harusnya tidak ada atau rendah dalam darah, menjadi tinggi.

Keadaan-keadaan yang dapat menyebabkan kerusakan sel hati antara lain penyakit hepatitis virus, perlemakan hati, keracunan obat, dan lain sebagainya. Keadaan ini, seringkali menyebabkan kadar SGOT dan SGPT tinggi.

Selain di sel hati, SGOT dan SGPT juga ditemukan di otot jantung dan beberapa sel tubuh lainnya. Kerusakan sel jantung akibat serangan jantung juga dapat meningkatkan kadar keduanya.

Kadar normal SGOT adalah sekitar 3-45 u/L dan SGPT adalah 0-35 u/L. Perlu dicatat bahwa nilai standar ini mungkin sedikit berbeda antar laboratorium, tergantung dari teknik pemeriksaan yang digunakan.

Menjawab pernyataan di atas, maka ada kemungkinan telah terjadi kerusakan sel-sel hati. Penyebabnya harus dicari lagi, apakah oleh virus hepatitis atau lainnya. Jika dokter curiga karena virus hepatitis B, dokter biasanya akan meminta pemeriksaan lain untuk mendeteksi virus tersebut, misalnya HBsAg atau PCR.