20 Agustus 2012

Sakit mata belekan

Dok, tadi pagi ketika bangun tidur kelopak mata saya lengket dan banyak beleknya. Sekarang terasa sakit dan gatal. Bagaimana mengatasinya ya Dok? Terima kasih.



Tampaknya Anda mengalami infeksi mata, tepatnya infeksi pada selaput bening atau konjungtiva mata. Dalam dunia medis, keadaan ini disebut dengan konjungtivitis.



Gejalanya, selain lengket dan belekan, mata terlihat merah, berair, bengkak, nyeri, penglihatan silau, rasa berpasir dan lain-lain.



Jika banyak keluar belek, penyebab tersering adalah bakteri. Penyebab lain bisa virus, jamur, alergi, iritasi, dan lain sebagainya.



Pengobatan mata belekan karena bakteri adalah dengan pemberian antibiotik tetes mata atau antibiotik salep mata. Perlu diingat bahwa tetes mata antibiotik berbeda dengan tetes mata antiiritasi yang banyak diiklankan di tv-tv. Jangan keliru, karena jika tidak, sakit mata belekan malah akan bertambah parah.



Beberapa jenis tetes mata dapat menimbulkan rasa pahit ditenggorokan ketika diteteskan. Hal ini bisa terjadi karena adanya saluran air mata yang berada di kelopak mata bawah tembus ke hidung lalu ke tenggorokan.



Untuk bayi dan anak-anak, sebaiknya digunakan salep mata, karena lebih mudah diberikan dibanding dengan tetes mata. Hanya saja, salep mata dapat mengaburkan pandangan selama kurang lebih 20 menit.



Jika infeksi sangat parah, dokter kadang-kadang meresepkan antibiotik minum, disamping obat-obat pereda gejala seperti antinyeri atau antidemam.



Semoga beramanfaat ...



Tag: sakit mata belekan