05 Agustus 2012

Penyebab Kecanduan Rokok

Salah satu faktor penyebab kecanduan rokok adalah nikotin.



Nikotin merupakan senyawa yang terkandung dalam asap rokok, yang sesaat setelah dihirup, akan sampai ke otak hanya dalam waktu 10 detik. Di dalam otak, nikotin menempel pada bagian tertentu dan menyebabkan otak melepaskan senyawa lain yang disebut dopamin. Senyawa dopamin inilah yang memberikan efek menyenangkan, membuat pikiran lebih terang, dan memberikan rasa nyaman.



Sayangnya, efek nikotin hanya berlangsung beberapa menit, lalu kemudian menghilang. Oleh karena itu, para perokok biasanya akan terus menerus merokok untuk mempertahankan efek nyaman nikotin.



Jika seseorang berhenti merokok, atau dengan kata lain, pasokan nikotin berhenti, maka akan timbul rasa gelisah, mudah tersinggung, konsentrasi menurun, pikiran kusut, gangguan tidur, dan cepat lapar. Keadaan inilah yang mendorong seseorang untuk kembali merokok. Sesaat setelah terpapar lagi dengan nikotin, gejala yang menyiksa tersebut menghilang, terganti dengan efek nikmat nikotin.



Jika orang tersebut tetap berhenti merokok, maka gejala putus nikotin akan terasa berat pada hari-hari permulaan. Beberapa minggu kemudian, gejala mulai mereda, dan orang tersebut akan kembali normal. Artinya, ia tidak perlu nikotin lagi untuk membuatnya merasa nyaman.



Demikian, semoga bermanfaat :)



Tag: Penyebab kecanduan rokok