28 Agustus 2012

Komplikasi Diabetes: Sakit Ginjal?

Dok, betulkah diabetes dapat menyebabkan komplikasi sakit ginjal? Terima kasih.

Ya, betul. Salah satu komplikasi jangka panjang (kronis) penyakit diabetes adalah sakit ginjal.

Ginjal adalah salah satu organ vital dalam tubuh, di samping hati, jantung, otak, dll. Fungsinya menyaring darah dan membuang sampah metabolisme dalam bentuk air kencing.

Bagian ginjal yang menjalankan fungsi sebagai penyaring adalah glomerulus. Bagian ini terdiri dari pembuluh darah yang sangat kecil yang dindingnya memiliki pori-pori sangat halus. Dalam keadaan normal, pori-pori tersebut hanya bisa meloloskan cairan dan benda yang sangat kecil, dan menahan benda yang berukuran besar seperti protein dan sel darah merah.

Pada penderita diabetes, aliran darah ke ginjal sangat besar akibat tingginya kadar gula dalam darah. Jika hal ini berlangsung lama, maka sistem filter ginjal akan kewalahan dan pori-pori mulai mengalami kebocoran. Akibatnya, protein akan lolos. Jika kebocoran sangat parah, sel darah merah pun bisa ikutan lolos.

Sakit ginjal akibat diabetes berlangsung perlahan, sedikit demi sedikit. Jika diketahui lebih awal dan ditangani lebih cepat, maka proses kerusakan ginjal dapat dihentikan. Untuk mengetahui apakah mulai ada kerusakan ginjal, dokter biasanya meminta pemeriksaan untuk mendeteksi adanya protein yang lolos dalam air kencing (pemeriksaan albumin urin).

Cara penanganan agar tidak mengalami kerusakan ginjal lebih lanjut adalah mengontrol gula darah tetap dalam kadar normal. Untuk itu perlu disiplin tinggi dari pasien dan dukungan dari keluarga dan orang di sekitarnya. Selain itu, sebaiknya rutin berkonsultasi dengan dokter. Biasanya dokter akan memberikan obat-obatan untuk membantu mencegah kerusakan ginjal lebih lanjut.

Jika kerusakan ginjal terlambat diketahui, dan ginjal sudah mengalami kerusakan parah sehingga tidak berfungsi lagi (gagal ginjal), maka pengobatan menjadi lebih sulit. Pada kasus demikian, jalan keluarnya adalah cuci darah, dan jika memungkinkan cangkok ginjal. Tetapi kedua cara ini sangat melelahkan dan membutuhkan biaya besar.