08 November 2013

Bahaya Kopi Bagi Penderita Maag

Apa bahaya minum kopi bagi penderita maag?

Bahaya minum kopi bagi penderita maag adalah beberapa senyawa kimia termasuk kafein yang ada dalam kopi dapat menstimulasi pengeluaran asam lambung. Peningkatan asam lambung pada gilirannya akan menyebabkan iritasi dinding lambung dan menimbulkan gejala-gejala penyakit maag. Gejala kenaikan asam lambung antara lain lambung perih, kembung, rasa penuh, mual muntah, dan ‘napas sesak’ (terasa tidak sampai).

Info seputar kopi bagi penderita penyakit maag:

  1. Tidak hanya kafein yang dapat menyebabkan peningkatan asam lambung, tapi juga senyawa lainnya. Sehingga kopi yang kafeinnya sudah dibuang bukan berarti tidak akan menyebabkan peningkatan asam lambung sama sekali.
  2. Cara kerja kopi menyebabkan peningkatan asam lambung kira-kira seperti ini. Kopi akan merangsang sistem saraf pusat sehingga lambung lebih aktif dan mengeluarkan lebih banyak hormon gastrin dan pepsin. Hormon inilah yang bertanggung jawab pada tingginya kadar asam dalam lambung.
  3. Selain maag, efek kebanyakan kopi bagi tubuh antara lain banyak kencing (diuresis), jantung berdebar, susah tidur, cemas, dan lain-lain.
  4. Untuk menghindari sakit maag akibat minum kopi caranya antara lain jangan minum kopi terlalu banyak, cukup segelas sehari. Selain itu, hindari minum kopi saat perut dalam keadaan kosong, terutama di pagi hari.