08 November 2013

Perut Kembung Saat Hamil

Apa penyebab perut kembung pada Ibu hamil?

Penyebabnya adalah karena saat hamil produksi hormon estrogen dan progesteron meningkat sehingga pergerakan usus menjadi lambat. Pergerakan yang lambat ini mengakibatkan makanan dan gas lebih lama berada di lambung dan usus. Hal inilah yang menjadi penyebab kembung.

Selain karena pengaruh kedua hormon di atas, kandungan yang semakin membesar akan menekan usus dan turut serta dalam memperlambat gerakan usus. Selain usus, kandungan juga akan menekan lambung sehingga cairan asam lebih lama berada di dalam lambung sehingga produksi gas semakin meningkat.

Apa obat perut kembung pada Ibu hamil?

Untuk meringankan gejala kembung, dapat diberikan obat-obat penetral asam lambung dan penghambat terbentuknya gas, misalnya antasid atau simetikon.

Bagaimana pencegahan kembung pada Ibu hamil?

Langkah pencegahan antara lain menghindari makanan berlemak atau berminyak, keju, atau makanan yang mengandung alkohol. Juga makanan yang merangsang seperti buah-buahan asam atau makanan pedas. Dianjurkan juga untuk mengkonsumsi vitamin B agar proses pencernaan menjadi lebih lancar. Ibu hamil juga disarankan untuk melakukan olahraga ringan yang cocok dengan usia kehamilan.