09 November 2013

Manfaat Obat Sefadroksil (Cefadroxil)

Apa manfaat obat sefadroksil atau cefadroxil?

Manfaat sefadroksil atau cefadroxil adalah sebagai antibiotik untuk mengatasi infeksi oleh berbagai jenis kuman (antibiotik spektrum luas). Infeksi tersebut antara lain infeksi saluran napas (tenggorokan, tonsil, paru-paru), infeksi telinga, infeksi saluran kemih, infeksi kulit dan jaringan lainnya, infeksi tulang, infeksi darah, dan lain-lain.

Informasi seputar sefadroksil atau cefadroxil:

  1. Kuman-kuman yang dapat dibunuh oleh antibiotik ini antara lain Streptococcus beta-hemolytic, Staphylococcus aureus, Streptococcus pneumoniae, Escherichia coli, Proteus mirabilis, Klebsiella sp, Moraxella catarrhalis.
  2. Sediaan sefadroksil adalah dalam bentuk kapsul, bukan tablet. Besarnyaa sediaan ada dua yaitu 250 mg dan 500 mg per kapsul.
  3. Dosis pemberian sefadroksil adalah 2 kali sehari, untuk orang dewasa 2 kali 500 gram.
  4. Efek samping sefadroksil adalah gangguan saluran cerna (mual,muntah, diare). Pada beberapa orang yang sensitif, dapat timbul alergi yang ditandai dengan bentol-bentol di sekujur tubuh disertai rasa gatal.
  5. Obat ini dapat diberikan bagi wanita hamil, tapi harus sangat hati-hati. Obat ini juga dapat masuk ke dalam ASI, walaupun belum ada laporan efek samping pada bayi, tapi penggunaannya bagi wanita menyusui harus sangat hati-hati.