22 Desember 2012

BOLEHKAH PENDERITA ASAM URAT MAKAN BUAH DURIAN?

Dok, saat ini kan musim durian, jadi saya ingin sekali sebenarnya makan durian, tapi kata orang penderita asam urat tidak boleh makan durian. Betulkah demikian?

Ya betul, sebaiknya penderita asam urat menghindari konsumsi durian, dan juga alpukat. Hal ini karena kedua jenis buah tersebut banyak mengandung lemak. Seperti telah diketahui, kadar lemak yang tinggi di dalam tubuh akan menghambat pengeluaran asam urat lewat air kencing. Dengan demikian, kadar asam urat di dalam darah ikut-ikutan tinggi.

Buah-buahan yang diperbolehkan untuk penderita asam urat adalah semangka, melon, nanas, belimbing, jambu air, dan buah-buahan lainnya.

NB:
  1. Penyakit asam urat terjadi karena menumpuknya asam urat di dalam tubuh akibat gangguan pengeluaran asam urat oleh ginjal. Penumpukan biasanya terjadi pada tulang dan otot serta ginjal, menyebabkan nyeri otot atau tulang dan kerusakan ginjal.
  2. Penderita asam urat sangat dianjurkan minum banyak air putih, tujuannya agar asam urat banyak keluar lewat air kencing. Jumlah yang disarankan adalah 2,5 liter atau 10 gelas sehari.
  3. Obat-obat pereda nyeri asam urat yang banyak dijual di warung-warung hanya berguna untuk menghilangkan nyeri sementara, tidak untuk mengenyahkan sumber penyakit, yaitu asam urat yang menggerogoti tulang.
  4. Penderita asam urat banyak yang terkena penyakit maag (gastritis) karena konsumsi obat pereda nyeri (misalnya piroksikam, ibuprofen) yang berkepanjangan dan kadang-kadang tidak terkontrol.