21 Desember 2012

OBAT RADANG TENGGOROKAN


Dok, beberapa hari ini tenggorokan saya rasanya kering dan sakit. Sakit bertambah saat menelan makanan. Badan saya juga ikut-ikutan meriang dan sakit kepala. Sekali-kali timbul batuk. Apakah saya terkena radang tenggorokan? Apa obatnya ya Dok?

Ya betul, sepertinya Anda terkena radang tenggorokan. Penyakit radang tenggorokan mempunyai gejala persis seperti yang Anda alami, yaitu sakit di tenggorokan, batuk, kadang-kadang disertai pilek. Selain itu dapat timbul gejala sistemik seperti demam, sakit kepala, badan lesu, pegal-pegal, nyeri persendian, mual-muntah dan lain-lain.

Sasaran pengobatan radang tenggorokan ada dua, yaitu penyebab radang tenggorokan dan gejala yang timbul.

Penyebab radang tenggorokan paling banyak adalah virus, kemudian diikuti oleh bakteri. Kadang-kadang radang juga disebabkan oleh reaksi alergi.

Untuk radang tenggorokan yang penyebabnya virus, tidak banyak yang bisa dilakukan, selain menunggu virus dilenyapkan oleh sistem pertahanan tubuh. Oleh karena itu, daya tahan tubuh mesti dijaga, misalnya dengan mengkonsumsi makanan bergizi, banyak minum, dan istirahat. Untuk radang yang penyebabnya bakteri, dokter biasanya akan memberikan antibiotik, misalnya amoksisilin, sefadroksil, siprofloksasin, dan lain-lain. Sedangkan untuk penyebabnya alergi, dapat diobati dengan obat antialergi.

Apapun penyebab radang tenggorokan, gejala yang timbul biasanya mirip-mirip. Oleh karena itu, pengobatannya juga mirip-mirip. Gejala berupa demam, sakit kepala, sakit tenggorokan, dan gejala sistemik lainnya diobati dengan obat golongan analgetik antipiretik (misalnya parasetamol, ibuprofen). Gejala berupa batuk diobati dengan obat golongan antitusif seperti DMP atau GG. Gejala pilek dapat diobati dengan obat-obat pilek seperti pseudoefedrin atau fenilpropanolamin.