22 Desember 2012

NILAI NORMAL GULA DARAH PUASA

Dok, berapa nilai normal pemeriksaan gula darah puasa?

Nilai normal pemeriksaan gula darah puasa adalah 70 sampai dengan 99 mg/dl. Nilai diatasnya, yaitu 100 sampai 125 mg/dl dianggap sebagai keadaan pradiabetes, dan nilai gula darah puasa 126 mg/dl atau lebih dianggap sebagai diabetes atau kencing manis.

NB:
  1. Gula darah puasa adalah gula darah yang diperiksa setelah pasien berpuasa selama 8 jam. Puasa yang dimaksud di sini adalah tidak makan atau minum, tetapi konsumsi air putih masih diperbolehkan.
  2. Pradiabetes adalah keadaan dimana kadar gula darah lebih tinggi dari normal, tapi belum cukup tinggi untuk dikategorikan sebagai diabetes. Orang dengan pradiabetes jika tidak menjaga pola makan, menurunkan berat badan bagi yang gemuk, atau berolahraga secara teratur, dapat berubah menjadi diabetes. Sebaliknya, jika menjalani pola hidup sehat tersebut, maka gula darah dapat kembali normal.
  3. Pada keadaan pradiabetes, belum ada gejala apapun yang terlihat. Oleh karena itu, keadaan ini biasanya ditemukan secara tidak sengaja, misalnya saat seseorang memeriksakan darah untuk keperluan lain.