17 Desember 2012

GATAL SETELAH MAKAN UDANG ATAU TELUR

Dok, mengapa saya suka gatal setelah makan udang atau telur? Penyakit apa yang saya derita?

Tampaknya Anda menderita penyakit alergi udang dan telur. Penyakit ini muncul akibat tubuh Anda menganggap protein yang terdapat dalam udang atau telur sebagai benda asing. Sehingga, ketika protein tersebut masuk ke dalam tubuh Anda, sistem pertahanan tubuh akan aktif dan menghasilkan senyawa yang disebut histamin. Senyawa inilah yang menimbulkan gatal dan bentol-bentol merah (urtikaria).

Untuk mengobati gejala gatal dan bentol merah, dokter biasanya memberikan obat antihistamin. Ada banyak jenis antihistamin, salah satu contohnya adalah CTM.

Untuk mengobati alergi secara tuntas sangat sulit. Sampai saat ini belum ada metode pengobatan yang memuaskan. Langkah terbaik adalah menghindari pencetus, dengan kata lain, dalam kasus ini, menghindari konsumsi udang atau telur.

NB:
  1. Penyakit alergi bukanlah penyakit menular.
  2. Seseorang yang memiliki  orang tua penderita alergi, mempunyai kemungkinan lebih besar untuk menderita alergi dibandingkan dengan orang dengan orang tua normal.
  3. Obat antialergi histamin terdiri dari dua golongan, yang sedatif dan non sedatif. Sedatif biasanya menyebabkan kantuk, sedangkan non sedatif tidak.