18 Desember 2012

BUANG AIR BESAR BERDARAH, PENYAKIT APA?

Dok, kadang-kadang saat dan setelah buang air besar, dari saluran pembuangan keluar darah segar, ada yang menetes dan ada yang bergumpal-gumpal. Penyakit apa yang saya derita? Bagaimana cara mengatasinya?

Tampaknya Anda menderita penyakit Hemorrhoid. Dalam bahasa sehari-hari, orang sering menyebutnya ambeien atau wasir.

Gejala yang Anda derita disebabkan oleh lukanya hemorrhoid (gumpalan daging yang berisi banyak pembuluh darah) . Gumpalan itu tumbuh di dinding saluran pembuangan. Biasanya muncul akibat tekanan pembuluh darah di bagian hilir tinggi, contohnya pada kehamilan, orang yang suka mengedan lama, dan lain sebagainya.

Hemorrhoid yang mengalami perlukaan akan rentan mengalami infeksi bakteri. Untuk mengatasinya, dokter biasanya memberikan obat antiperadangan serta obat antibiotik. Tetapi obat-obat tersebut tidak menyembuhkan secara total, karena di lain waktu hemorrhoid dapat kembali luka, berdarah, dan infeksi.

Olah karena itu, salah satu langkah penting adalah mencegah agar hemorrhoid tidak luka (kambuh). Caranya yaitu mengusahakan agar tinja atau feses tidak keras. Jika tinja keras, maka seseorang cenderung akan mengedan lebih keras dan tinja akan menggesek gumpalan hemorrhoid sehingga timbul perlukaan. Agar tinja atau feses tidak keras, seseorang harus banyak minum dan mengkonsumsi makanan tinggi serat (buah-buahan dan sayur-sayuran).