05 Juni 2011

Imunisasi Tetanus Toksoid (TT) untuk ibu hamil

Penyakit tetanus adalah penyakit yang disebabkan oleh racun kuman Clostridium tetani. Penyakit ini sangat berbahaya, karena dapat menimbulkan kejang dan kegagalan pernapasan, yang berujung pada kematian.

Pada dasarnya siapa saja dapat terkena penyakit tetanus. Tetapi yang paling rentan adalah bayi baru lahir dan ibu yang melahirkan. Oleh karena itu, kelompok ini menjadi perhatian utama pencegahan penyakit tetanus.

Pencegahan tetanus pada ibu dan bayi dilakukan dengan mengimunisasi ibu yang sedang hamil. Imunisasi diberikan sebanyak 2 kali dan umumnya sebelum usia kehamilan 8 bulan. Imunisasi pertama (TT I) diberikan pada kunjungan pertamakali (K1) ke fasilitas kesehatan. Sedangkan imunisasi kedua (TT II) diberikan 4 minggu setelah suntikan TT I.

Imunisasi diberikan dalam bentuk suntikan dengan dosis 0,5 cc sekali suntik. Lokasi penyuntikan biasanya di lengan atas atau di bokong.

Ada dua manfaat imunisasi tetanus toksoid saat hamil. Pertama, untuk ibu hamil sendiri. Ibu terlindungi dari bahaya tetanus yang mungkin didapat dari proses persalinan maupun dari luka lainnya. Manfaat kedua adalah untuk bayi. Suntikan TT pada ibu dapat melindungi bayi terkena tetanus neonatorum. Tetanus jenis ini menginfeksi bayi akibat proses pemotongan tali pusat yang tidak baik.

Demikian, semoga bermanfaat.