03 Juni 2011

Mengobati Demam

Demam bukanlah penyakit. Tetapi, gejala dari penyakit.

Jenis penyakit yang dapat menimbulkan demam banyak macamnya. Mulai dari penyakit yang disebabkan bakteri atau virus, penyakit peradangan seperti arthritis reumatoid, tumor ganas, sampai pada sengatan sinar matahari berlebihan.

Karena bukan penyakit, biasanya dokter melakukan setidaknya dua hal untuk mengatasi demam. Pertama mengobati demamnya dan kedua mengobati penyakit yang mendasarinya.

Untuk mengatasi demam, umumnya digunakan obat pereda demam. Contohnya asetaminofen (Panadol, Bodrex, dll) atau ibuprofen (Proris, Hufagrip TMP,dll).

Selain obat pereda demam, hal-hal berikut juga dapat membantu meringankan demam, yaitu:

  1. Minum lebih banyak air. Demam menyebabkan kehilangan cairan dan dapat menimbulkan dehidrasi. Oleh karena itu dianjurkan untuk banyak minum air, jus, teh, sirup, dll.
  2. Istirahat. Aktifitas yang berlebihan dapat memperparah demam, oleh karena itu dianjurkan untuk banyak beristirahat.
  3. Gunakan baju yang tipis dan pada saat tidur usahakan selimut yang dipakai tidak terlalu tebal.
  4. Jaga kondisi ruangan tetap sejuk.
  5. Kompres badan dengan air hangat. Selain itu, juga boleh berendam dalam air hangat kira-kira selama 5 sampai 10 menit.

Untuk mengobati penyakit yang mendasarinya, tergantung penyebabnya. Misalnya, penyakit akibat bakteri, digunakan antibiotik. Akibat virus, digunakan antivirus. Demikian seterusnya.