24 Juni 2011

Mengontrol Diabetes

Diabetes adalah penyakit menahun yang sulit disembuhkan. Saat ini, cara terbaik untuk menghadapinya adalah dengan mengontrolnya. Diabetes yang terkontrol dengan baik akan membuat penderitanya hidup sehat dan dapat beraktifitas seperti biasa.

Apa ciri-ciri diabetes yang terkontrol? Jawabannya, gula darah tidak tinggi lagi, sudah berada dalam rentang nilai normal. Untuk gula darah sewaktu (GDS) di bawah 200 mg/dl, sedangkan untuk gula darah puasa (GDP) di bawah 126 mg/dl.

Beberapa hal yang perlu dilakukan untuk mengontrol diabetes adalah dengan menjaga pola makan, berolahraga teratur, minum obat sesuai anjuran, dan mengelola stres.

Makanan

Hal terpenting dari makanan bukan saja jenisnya, tapi juga porsi dan waktu makan.

  1. Usahakan makan pada jam yang sama setiap hari, makan dalam porsi kecil beberapa kali sehari, atau makan makanan ringan yang sehat secara teratur di antara waktu makan.
  2. Usahakan makanan terdiri dari karbohidrat, sayur, protein, lemak, dan buah dalam jumlah seimbang.
  3. Pelajari porsi makanan yang cukup untuk setiap jenis makanan.
  4. Hindari konsumsi alkohol

Olahraga

Aktifitas fisik sangat penting dalam mengontrol gula darah. Gerakan otot saat aktifitas fisik akan membakar gula darah. Selain itu, olahraga juga akan memperbaiki kinerja hormon insulin. Kedua faktor ini dapat membantu menurunkan kadar gula darah.

Obat-obatan

Obat antidiabetes biasanya diberikan jika kadar gula darah tidak dapat dikontrol dengan pengaturan pola makan dan olahraga. Perlu diperhatikan, efektifitas obat antidiabetes sangat tergantung pada dosis dan waktu pemberiannya. Oleh karena itu obat harus diminum sesuai dengan dosis dan waktu yang dianjurkan oleh dokter.

Stres

Ketika stres, seseorang bisa saja mengabaikan pola makan, jadwal olahraga, dan konsumsi obat antidiabetesnya. Selain itu, hormon yang diproduksi saat stres dapat menghambat kerja hormon insulin. Oleh karena itu, ada baiknya untuk mengelola stres dengan baik.

Demikian, semoga bermanfaat.