09 Juni 2011

Pemberian tablet zinc (seng) pada anak diare

Saat diare, seorang anak tidak hanya kehilangan cairan, tetapi juga kehilangan banyak zat penting dari dalam tubuh. Salah satunya adalah mineral zinc (Zn) atau seng.

Kehilangan cairan harus segera diatasi agar tidak membahayakan jiwa anak. Caranya dengan memberikan cairan pengganti berupa larutan gula garam, oralit, atau infus.

Sedangkan kehilangan mineral zinc diganti dengan pemberian tablet zinc. Lama pemberiannya adalah 10 hari berturut-turut dan tetap diberikan walaupun sebelum 10 hari diare sudah berhenti.

Dosis pemerian tergantung umur. Untuk bayi di bawah 6 bulan sebesar 10 mg sekali sehari. Untuk bayi atau anak usia 6 bulan atau lebih sebesar 20 mg sekali sehari. Cara pemberian bisa dicampur dengan ASI, air matang, oralit, atau jika anak sudah besar boleh langsung dikunyah.

Selain sebagai pengganti hilangnya mineral zinc, ternyata tablet zinc juga mempunyai efek pengobatan. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa pemberian tablet zinc dapat mempercepat penyembuhan diare, mengurangi keseringan buang air besar, dan mencegah terjadinya diare dalam 2 – 3 bulan ke depan.

Oleh karena itu, jika anak diare sebaiknya pemberian tablet zinc tidak diabaikan.

Demikian, semoga bermanfaat.