02 Juni 2011

Pemeriksaan atau Uji Kolesterol

Pemeriksaan atau uji kolesterol, sering juga disebut panel lipid atau profil lipid, adalah uji untuk menentukan kadar kolesterol atau lipid di dalam darah.

Uji ini berguna untuk menentukan tingkat risiko serangan jantung.

Pemeriksaan kolesterol meliputi :

  1. Kolesterol total; parameter ini menunjukkan jumlah total kolesterol dalam darah. Jika kadarnya tinggi, maka risiko penyakit jantung meningkat. Idealnya, kolesterol total dibawah 200 mg/dL.
  2. Low-density lipoprotein (LDL); sering juga disebut kolesterol jahat. Kadar LDL yang tinggi akan memicu penumpukan lemak di dinding pembuluh darah. Penumpukan akan menghambat aliran darah. Selain itu, tumpukan lemak sewaktu-waktu dapat terlepas dan menyumbat pembuluh darah yang lebih kecil di bagian hilirnya. Timbullah serangan jantung. Kadar LDL normal dibawah 130 mg/dL.
  3. High-density lipoprotein (HDL); disebut juga kolesterol baik. HDL mampu menjinakkan kolesterol jahat dan menjaga pembuluh darah tetap terbuka dan aliran darah lebih lancar. Sebaiknya, kadar HDL lebih besar dari 60 mg/dL.
  4. Trigliserida. Tingginya kadar trigliserida menandakan bahwa seseorang mengkonsumsi lebih banyak kalori dibandingkan jumlah kalori yang dibakarnya. Idealnya, kadar trigliserida dibawah 150 mg/dL.

Demikian, semoga bermanfaat.