30 Juli 2011

Google+ (Plus) dan cara mendapatkan undangan Google+

Setelah sekian lama menanti, akhirnya dapat juga email undangan untuk bergabung di Google+.

Google+ adalah layanan terbaru Google yang diluncurkan pada akhir Juni 2011. Layanan ini mirip-mirip dengan Facebook. Walaupun demikian, ada beberapa fitur dasar yang membedakannya.

Google+ tampaknya dirancang untuk menyaingi atau bahkan mengungguli layanan social sharing yang sudah ada. Oleh karena itu, kehadiran Google+ dilengkapi berbagai macam fitur yang tidak ditemukan pada pendahulunya. Fitur tersebut antara lain:

1. Circle

Circle termasuk salah satu fitur unggulan Google+. Circle diterjemahkan sebagai lingkaran pertemanan. Dengan fitur ini, kita dapat mengelompokkan teman-teman kita, misalnya teman kerja, kuliah, sepakbola, keluarga, dan lain-lain. Berbeda dengan Facebook dimana update status kita dapat dilihat oleh seluruh teman, pada Google+, hanya teman dalam circle yang dituju saja yang bisa melihat status tersebut.

2. Stream

Padanan stream adalah wall (Facebook) dan Timeline (Twitter). Stream Google+ dapat dikelompokkan menjadi tiga yaitu Circle, Incoming, dan Nearby.

  • Circle akan menampilkan update dari dari orang-orang yang kita masukkan ke circle kita dan memasukkan kita ke circle mereka.
  • Incoming akan menampilkan update dari orang-orang yang memasukkan kita ke circle mereka namun kita tidak memasukkan mereka ke circle kita.
  • Nearby akan menampilkan update dari orang-orang yang ada di sekitar kita.

3. Hangout

Fitur ini memungkinkan kita untuk berinteraksi dengan circle kita melalui webcam. Kelebihan hangout adalah kita dapat melakukan tatap muka dengan beberapa orang sekaligus, jadi seperti layaknya teleconference.

4. Sparks

Dengan spark kita dapat memilih dan mengikuti suatu topik yang kita sukai, misalnya kesehatan, PSSI, dll.

Disamping fitur di atas, masih banyak fitur lain yang menarik untuk dieksplorasi.

Email undangan Google+

Google+ belum menerima pendaftaran secara terbuka. Jadi jika ingin menjadi anggota, harus menerima undangan terlebih dahulu dari teman, kenalan, atau siapa pun juga yang telah terdapat sebagai plusser.

Nah, bagi Anda yang berminat mendapat undangan dari kami, silakan tuliskan alamat email di kolom komentar. Maaf, tempat terbatas jadi silakan bergegas.