16 Juli 2011

Mencatat rekam medik pasien dengan iPad

Sekarang zaman serba elektronik dan paperless. Termasuk pencatatan rekam medik pasien di rumah sakit atau tempat praktek.

Dokter tak perlu lagi repot-repot menulis catatan kesehatan pasien di atas berlembar-lembar kertas. Cukup menggunakan komputer.

Banyak keuntungan rekam medik elektronik. Misalnya, data-data seperti riwayat pengobatan, hasil pemeriksaan fisik, foto sinar X, hasil laboratorium, dll, lebih mudah dan lebih cepat diakses, baik oleh dokter maupun oleh pasien sendiri. Belum lagi jika terintegrasi dengan apotik untuk pengambilan obat atau kasir untuk pembayaran. Betapa canggih dan praktisnya.

Tetapi agar pencatatan rekam medik dapat berjalan dengan baik, maka dibutuhkan program dengan antarmuka yang mudah digunakan, serta alat yang praktis. Jika tidak, perhatian dokter akan lebih banyak tercurah ke perangkat elektroniknya ketimbang pasiennya.

Solusinya, iPad dan program rekam medik seperti Drchrono. Dengan kombinasi perangkat keras dan lunak ini, dokter cukup memainkan jarinya di layar iPad atau memberikan perintah suara ke alat canggih tersebut, maka data rekam medik akan tercatat dengan baik.

Sayangnya, ini baru ada di luar negeri. Mudah-mudahan, di Indonesia juga akan segera ada. Mari kita berharap :)