28 Juli 2011

Hati / Liver

Hati atau liver, atau dalam bahasa medis disebut hepar, merupakan salah satu organ penting tubuh. Saking pentingnya, jika hati mengalami kerusakan, maka akan timbul berbagai macam penyakit serius.

Hati terletak di perut kanan atas. Terdiri dari empat bagian dengan berat sekitar 1,3 kg. Normalnya hati tidak teraba karena terlindung oleh tulang rusuk.

Fungsi hati sangat banyak. Beberapa diantaranya adalah memproduksi empedu yang berguna untuk pencernaan lemak, mengubah glukosa menjadi glikogen serta turut mengatur kadar gula darah, dan menjadi gudang menyimpan vitamin (A, D, K, B12) dan mineral. Fungsi lain yang tak kalah pentingnya adalah menyaring bahan berbahaya bagi tubuh misalnya alkohol.

Hati dapat mengalami gangguan misalnya infeksi (hepatitis), sirosis, dan kanker. Gangguan ini dapat menurunkan kemampuan hati menjalankan fungsinya. Akibatnya akan timbul berbagai macam gejala seperti badan kuning (hiperbilirubinemia), perut buncit berisi air (asites), muntah darah (varises esofagus), dan lain-lain.

Jika hati mengalami kerusakan parah, misalnya akibat infeksi yang kronis, maka fungsinya akan sangat menurun atau hilang sama sekali. Keadaan ini disebut gagal hati (liver failure). Pada keadaan ini, seringkali pengobatan tidak mempan lagi, sehingga hati perlu diganti (cangkok hati). Sayangnya, proses cangkok hati ini masih mahal dan donornya masih terbatas.