26 Desember 2014

Apa nama virus penyebab kanker leher rahim?

Apa nama virus yang menjadi penyebab kanker leher rahim atau kanker serviks?

Nama virus penyebab kanker leher rahim (serviks) adalah human papilloma virus (HPV) tipe 16 dan 18. Virus HPV menginfeksi sel-sel pada leher rahim dan mengubah DNA sel tersebut sehingga sel menjadi ganas dan membelah tidak terkendali. Tidak hanya itu, sel-sel ganas tersebut dapat bermigrasi ke bagian lain tubuh dan menyebabkan kerusakan di daerah tersebut.

Info seputar virus HPV:

  1. Virus HPV sangat banyak jenisnya, saat ini telah diidentifikasi lebih dari 120 jenis. Tapi yang paling bertanggung jawab terhadap timbulnya kanker mulut rahim ada dua jenis yaitu tipe 16 dan 18. Virus HPV yang lebih jinak, yaitu tipe 6 dan 11, hanya menyebabkan kutil kelamin, yang tidak akan berubah menjadi ganas.
  2. Untuk mencegah kanker leher rahim, maka infeksi HPV tipe 16 dan 18 harus dihindarkan. Salah satu caranya adalah dengan melakukan vaksinasi. Vaksinasi ini efektif untuk tipe 6,11,16,18, sehingga tidak hanya mencegah kanker leher rahim, juga mencegah penyakit kutil kelamin. Tetapi, walaupun demikian, seorang perempuan tetap harus menjalani pap smear secara rutin.
  3. Pemeriksaan pap smear adalah pemeriksaan sederhana dimana sel mulut rahim diambil dan diperiksa di bawah mikroskop. Pada pemeriksaan tersebut, diperhatikan perubahan bentuk sel apakah sudah menjadi sel kanker atau belum.