25 Desember 2014

Apa penyebab sakit perut kanan sebelah bawah?

Apa penyebab dari sakit perut kanan sebelah bawah?

Penyebab paling sering dari sakit perut kanan bawah adalah infeksi usus buntu (appendisitis). Memang, posisi usus buntu adalah pada bagian peralihan antara usus halus dan usus besar(sekum), yang posisinya di perut kanan bawah.

Penyebab lain dari sakit perut kanan bawah yang lebih jarang adalah batu ginjal kanan, infeksi ginjal kanan, pelepasan telur dari indung telur sebelah kanan pada wanita, kista indung telur kanan, kehamilan di luar kandungan (ektopik) yang terletak agak ke kanan, dan lain-lain.

Info seputar sakit perut kanan bawah:

  1. Karena banyaknya penyebab, maka pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang misalnya USG harus dilakukan untuk membedakannya.
  2. Pengobatan sakit perut kanan bawah disesuaikan dengan penyebabnya. Jika karena infeksi usus buntu, dapat dilakukan operasi pengangkatan usus buntu.
  3. Gejala usus buntu biasanya khas, yaitu nyeri di sekitar pusar, kemudian berpindah ke perut kanan bawah. Nyeri bersifat tajam. Rasa nyeri bertambah jika perut ditekan, menggerakkan kaki, atau batuk. Selain itu, juga ada gejala demam yang tidak terlalu tinggi, sakit kepala, badan rasa tidak nyaman, mual, muntah, diare atau sebaliknya sulit buang air besar.