26 Desember 2014

ODHA singkatan dari apa?

Kata ODHA singkatan dari apa?

ODHA adalah singkatan dari Orang Dengan HIV AIDS. Dalam bahasa Inggris, disebut sebagai PLWHA (People Living with HIV/AIDS).

Info seputar ODHA:

  1. Agar kualitas hidup terjaga, ODHA harus senantiasa minum obat ARV (antiretroviral), yaitu obat untuk mengontrol jumlah virus HIV dalam darah. Obat ini diminum secara teratur seumur hidup. Keberhasilan pengobatan biasanya dilihat dari nilai CD4 (sel pertahanan tubuh). Jika tinggi, berarti pengobatan berhasil.
  2. ODHA tetap dapat hidup normal, bahkan mempunyai anak. Tetapi, ada langkah-langkah tertentu yang diperlukan. Jika ingin punya anak misalnya, selain dengan konsumsi ARV, juga ibu ODHA juga dilarang menyusui anaknya. Selain itu, darah dan kehamilannya harus dikontrol secara ketat.
  3. ODHA dapat menularkan penyakitnya kepada orang lain melalui kontak cairan tubuh atau darah, misalnya transfusi darah, penggunaan jarum suntik bergantian, jarum tato yang tidak disterilkan, hubungan badan tanpa pelindung, dan lain-lain.
  4. Masyarakat sekitar dan keluarga harus mendukung ODHA, tidak boleh mengucilkannya. Dengan dukungan yang baik maka penyerberluasan penyakit HIV/AIDS akan berkurang.