26 Desember 2014

Mengapa orang kecanduan rokok?

Mengapa orang begitu kecanduan rokok dan sangat sulit untuk berhenti?

Orang kecanduan rokok karena adanya zat nikotin dalam rokok. Zat ini setelah dihisap dan masuk ke dalam darah akan sampai ke otak. Di dalam otak, nikotin akan merangsang produksi hormon tertentu yang menyebabkan rasa senang, nyaman, santai, konsentrasi tinggi, mengurangi stres, bahkan mengurangi nyeri. Sayangnya, nikotin beberapa saat kemudian akan terurai dan efeknya menghilang. Akibatnya, terjadi efek sebaliknya, susah konsentrasi, gelisah, cemas, mudah tersinggung dan sebagainya. Nah, untuk menghilangkan efek tersebut, seseorang harus segera mendapatkan nikotin kembali. Hal inilah yang menyebabkan seseorang kecanduan dan sangat sulit berhenti merokok.

Tetapi, jika seseorang dapat melewati masa-masa sulit akibat berhenti merokok, maka efek nikotin akan perlahan menghilang. Tapi, biasanya hal ini butuh waktu beberapa minggu atau beberapa bulan.

Info seputar nikotin:

  1. Nikotin hanyalah salah zat yang dikandung asap rokok, ada lebih dari seribu senyawa lain yang mempunyai efek negatif macam-macam, salah satunya mencetuskan penyakit kanker.
  2. Selain lewat paru-paru, nikotin dapat juga masuk ke tubuh lewat kulit. Itulah sebabnya, nikotin tersedia dalam bentuk koyo.
  3. Orang yang mengunyah tembakau akan mendapat efek kecanduan yang sama seperti halnya dengan perokok.