01 Agustus 2011

Cara mencegah migrain

Migrain adalah salah satu jenis sakit kepala dengan gejala unik. Seringkali hanya mengenai sebelah kepala dan kerap didahului oleh aura tertentu, misalnya kilatan cahaya.

Nyeri migrain biasanya sangat hebat. Beberapa orang mengatakan bahwa saking sakitnya, mata mereka serasa mau copot.

Setelah diobati, umumnya migrain akan sembuh. Tetapi, beberapa waktu kemudian dapat timbul kembali.

Nah, salah satu cara mencegah agar migrain tidak menyerang lagi, atau minimal mengurangi frekuensi serangan, maka langkah terpenting adalah mengenali pencetusnya kemudian menghindarinya. Selain itu, penderita migrain juga harus menjalani pola hidup sehat.

Berikut beberapa langkah yang perlu dilakukan:

1. Kenali kemudian hindari pencetus

Identifikasi faktor apa saja yang dapat mencetuskan migrain Anda, kemudian hindari. Beberapa hal yang sering menjadi faktor pencetus antara lain:

Makanan atau minuman seperti alkohol, kopi, pemanis buatan, makanan fermentasi, coklat, buah-buahan atau sayuran tertentu, dan lain-lain.

Lingkungan atau gaya hidup misalnya asap rokok, cahaya terang, sinar matahari, aktifitas fisik berat, bau menyengat, suara keras, stress, tidak makan, kelelahan, perubahan cuaca, haid, gangguan tidur, dan sebagainya.

2. Olah raga rutin

Olahraga dapat mengurangi ketegangan. Jangan lupa untuk melakukan pemanasan sebelumnya. Selain itu, hindari olahraga yang sangat berat, karena malah dapat mencetuskan migrain.

3. Kelola stres

Hadapi hidup ini dengan sering-sering berpikir positif. Yang tak kalah pentingnya, rajin beribadah dan berserah diri ke Yang Kuasa. Anda juga dapat mencoba terapi stres seperti meditasi, biofeedback, atau cara-cara lainnya.

4. Cukup tidur

Sebaiknya sekitar 7 – 8 jam per 24 jam. Usahakan tidur teratur dan pada jam yang sama setiap harinya.

5. Berhenti merokok dan minum kopi

6. Kurangi efek estrogen

Jika estrogen mencetuskan atau membuat migrain Anda memburuk, maka hindari obat yang menggunakan hormon ini, misalnya pil KB, suntikan KB, dll.

Demikian, semoga bermanfaat.